Mengenal Manfaat Lobak Putih, Sayur yang Bergizi dan Menyehatkan

Pernahkah Anda makan lobak putih? Bila belum, mungkin sebaiknya Anda mulai mencoba karena manfaat lobak putih bagi kesehatan sangat beragam.

Lobak putih (Raphanus sativus L) adalah sayuran akar dari keluarga Brassicaceae yang dapat dimakan. Tanaman ini memiliki akar tunggang yang membengkak, berdaging seperti umbi, dan berwarna putih bersih sehingga inilah yang dikenal sebagai lobak putih.

Lobak termasuk jenis sayuran yang berasal dari Tiongkok sehingga tidak jarang disebut sebagai lobak Cina atau lobak oriental. Di Indonesia, lobak putih banyak dimanfaatkan sebagai lalap, dibuat acar atau asinan, maupun dimasak sebagai sayur.

Kandungan nutrisi lobak putih

Dalam 100 gram lobak putih, hanya terkandung 19 gram kalori sehingga aman untuk Anda yang sedang menjalani diet. Selain itu, tanaman lobak memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh, antara lain:

  • Protein 0,9 gram
  • Lemak 0,1 gram
  • Karbohidrat 4,2 gram
  • Kalsium 35 mg
  • Fosfor 26 mg
  • Zat besi 0,6 mg
  • Vitamin A 10 SI
  • Vitamin B1 0,08 mg
  • Vitamin C 32,00 mg.

Lobak putih juga mengandung air. Sedangkan untuk kandungan fitokimianya, umbi lobak juga mengandung saponin, flavonoid dan polifenol.

Manfaat lobak putih untuk kesehatan

Makan makanan yang kaya nutrisi seperti lobak putih akan mendatangkan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut manfaat sayur lobak yang tidak boleh dilewatkan:

1. Menurunkan risiko terkena penyakit kronis

Polifenol dalam lobak putih memiliki dua jenis antioksidan spesifik, yakni asam ferulik dan quercetin. Kedua antioksidan ini terbukti secara klinis mampu menangkal radikal bebas serta menurunkan risiko Anda terkena peradangan internal dan meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh.

Antioksidan pada lobak putih juga dipercaya memiliki sifat antikanker. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan rutin makan lobak putih adalah kanker usus dan kanker paru-paru.

2. Membantu menjaga atau menurunkan berat badan

Lobak putih bukan hanya rendah kalori, namun juga rendah karbohidrat dan kaya serat. Hal ini membuat lobak putih cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang ingin menurunkan berat badan maupun ingin selalu menjaga agar berat badannya tetap ideal.

Kandungan serat pada lobak putih dapat menghadirkan efek kenyang lebih lama pada perut Anda karena serat memperlambat pencernaan sehingga Anda tidak mudah merasa lapar. Selain itu, serat juga berfungsi menyehatkan saluran pencernaan pada umumnya, yakni mencegah terjadinya diare maupun konstipasi.

3. Mengatasi gangguan usus

Lobak putih mengandung serat yang cukup tinggi. Secara khusus, mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan sayuran tinggi serat seperti lobak, bisa mengurangi risiko masalah usus, termasuk divertikulitis (peradangan/infeksi pada kantung di usus besar).

Dengan menyerap air yang ada di dalam usus besar, lobak dan makanan berserat lainnya bisa mempermudah gerakan usus, mencegah konstipasi hingga menurunkan kolesterol. Manfaat lobak putih untuk kolesterol dilakukan dengan cara meningkatkan lipoprotein kepadatan rendah.

4. Meningkatkan kesehatan mata

manfaat lobak putih lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan mata. Lobak mengandung antioksidan lutein yang dikenal dapat mencegah makula, yakni kondisi penyebab pandangan buram atau buta. Selain itu, lutein juga dapat mencegah penyakit katarak. Anda disarankan untuk mengonsumsi lobak sebanyak 6-12 miligram setiap hari, untuk bisa mengurangi risiko penyakit degenerasi makula dan juga katarak.

5. Menurunkan tekanan darah

Dalam jurnal British Journal of Clinical Pharmacology, makanan bernitrat seperti lobak, bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, termasuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko menempelnya trombosit dalam darah.

Lobak juga mengandung kalium yang bisa melepaskan natrium dari tubuh, sehingga pembuluh darah dapat melebar dan tekanan darah bisa diturunkan.

Untuk mendapatkan lobak dengan kualitas terbaik tersebut, Anda bisa berbelanja di TaniHub. Tanihub merupakan platform e-commerce yang menawarkan produk dari para petani lokal yang ingin menjual hasil panen mereka langsung ke pembeli. Selain membantu para petani lokal, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau langsung dari petaninya.

Bukan hanya lobak, Anda juga dapat membeli aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako. Lengkap bukan? Yuk belanja di TaniHub 😊